Kamis, 20 Januari 2011

Mengintip Lowongan Beasiswa


Ingin sekolah, tapi tak punya biaya. Ingin terus kuliah, tapi biaya kuliah kian tahun kian meningkat. Inilah gejolak yang kerap dirasakan oleh mereka yang masih duduk di bangku sekolah dan kuliah. Apakah Anda tengah merasakan demikian? Jika iya, Anda harus mencari tahu lowongan beasiswa.

Beasiswa adalah salah satu solusi yang harus Anda cari untuk bisa tetap meneruskan pendidikan yang Anda cita-citakan. Anda harus berjuang mencarinya. Sulit? Tidak. Tidak akan ada yang sulit, jika Anda berusaha dan terus mencari informasi mengenai di mana ada lowongan beasiswa. Artikel ini akan mengajari Anda di mana bisa mencarinya.

Cara Cepat Mengetahui Lowongan Beasiswa

Ada tiga cara tercepat untuk mengetahui atau mendapatkan informasi mengenai lowongan beasiswa. Sekali lagi, Anda harus mau berusaha keras dan cerdas untuk mendapatkannya. Anda jangan setengah hati untuk berusaha mendapatkannya. Apa saja ketiga cara tersebut?



Bertanya Kepada yang Sudah Mendapatkan


    Ini adalah cara paling tepat. Dengan bertanya kepada mereka yang sudah mendapatkan, Anda diprediksi memiliki peluang besar untuk mendapatkan lowongan beasiswa dan kemungkinan  diterima. Pasalnya, mereka yang sudah mendapatkan tentu mengetahui kapan dan apa saja syarat untuk bisa mendapatkan beasiswa.

    Selain itu, dengan bertanya kepada mereka yang sudah mendapatkan terlebih dahulu Anda bisa mengetahui bulan berapa dibukanya lowongan beasiswa. Anda pun bisa sejak jauh-jauh hari menyiapkan segala hal yang dibutuhkan. Sehingga, persiapan Anda untuk mendapatkannya memang benar-benar tinggal menunggu kebijakan pemberi beasiswa.

    Menelepon Lembaga Pemberi Beasiswa


      Ini juga langkah yang baik. Dengan menelepon lembaga pemberi beasiswa Anda sudah dapat informasi yang sama akuratnya dengan bertanya kepada orang-orang sudah mendapatkan beasiswa terlebih dahulu. Hanya saja, dalam komunikasi dengan lembaga Anda tidak bisa leluasa untuk bertanya mengenai hal-hal lain, misalnya contoh materi tes yang diujikan.

      Namun, untuk masalah persyaratan yang harus dipenuhi tentunya menelepon lembaga pemberi beasiswa jauh lebih baik dibanding bertanya kepada mereka, yang sudah mendapatkan beasiswa.

      Membaca Buku yang Bertemakan Beasiswa


        Kini, tak sedikit buku yang bertemakan tentang beasiswa dijual diberbagai toko buku. Di dalam buku-buku tersebut, Anda akan menemukan alamat-alamat lembaga atau instansi pemberi beasiswa dan jenis tes yang diujikan secara umum.

        Tak hanya itu, dengan membaca buku-buku tersebut peluang beasiswa yang Anda harapkan juga cukup besar. Karena Anda telah disuplemen dengan motivasi mengenai tes-tes dan syarat-syarat yang harus Anda persiapkan jauh-jauh hari.

        Ketiga langkah di atas akan lebih baik bila Anda kombinasikan. Sehingga keoptimisan Anda untuk mendapatkan beasiswa benar-benar mantap. Kecemasan demi kecemasan yang menghampiri Anda dengan sendirinya akan menghilang.

        Syarat-Syarat Umum Pengajuan Beasiswa

        Syarat-syarat yang ditetapkan lembaga pemberi beasiswa memang tidak sama. Meski ada perbedaan, namun tidak terlalu signifikan. Hanya saja syarat-syarat umum yang tidak akan pernah berubah adalah:

        1.   Batas usia penerima beasiswa.

        2.   Prestasi akademik.

        3.   Curriculum Vitae.

        4.   Rekomendasi dari sekolah atau dosen/pembimbing akademik.

        5.   Belum pernah mendapatkan beasiswa dari mana pun.


        7.   Pas photo.

        Demikian informasi mengenai lowongan beasiswa. Mudah-mudahan Anda bisa mengintip sejak dini mana lembaga atau sponsor yang bisa memberikan Anda beasiswa. Jangan tunggu lama-lama, segera cari tahu!

        Sumber: www.AnneAhira.com

        Tidak ada komentar:

        Posting Komentar