Jumat, 09 Desember 2011

ANGGARAN PRODUKSI


ANGGARAN PRODUKSI

Rencana perusahaan menghasilkan produksi perusahaan yang jumlahnya disesuaikan dengan kebutuhan penjualan dengan tidak lepas dari pertimbangan persediaan awal dan akhir perusahaan periode tertentu.

FUNGSI anggaran penjualan untuk menyusun anggaran produksi, biaya pemasaran,

PASAR PERSAINGAN SEMPURNA

Pasar persaingan sempurna (perfect competition) adalah sebuah jenis pasar dengan jumlah penjual dan pembeli yang sangat banyak dan produk yang dijual bersifat homogen. Harga terbentuk melalui mekanisme pasar dan hasil interaksi antara penawaran dan permintaan sehingga penjual dan pembeli di pasar ini tidak dapat memengaruhi harga dan hanya berperan sebagai penerima harga (price-taker). Barang dan jasa yang dijual di pasar ini bersifat homogen dan tidak dapat dibedakan. Semua produk terlihat identik. Pembeli tidak dapat membedakan apakah suatu barang berasal dari produsen A, produsen B, atau produsen C? Oleh karena itu, promosi dengan iklan tidak akan memberikan pengaruh terhadap penjualan produk.

Ciri" pasar persaingan sempurna:

# penjual yang ada dalam pasar ini tidak merupakan bag. terkecil dari penjual (pasar)
#konsumen tidak dapat membedakan barang yang satu dengan yang lainnya/tidak dapat membedakan membeli produk dari penjual A atau B
# produk yg dijual cnderung homogen
# Tidak ada biaya transportasi
# produsen atau penjual keluar masuk pasar

KEGUNAAN ANGGARAN PRODUKSI
# sebagai pedoman kerja
# pengendalian kerja
# koordinasi kerja
bagi divisi produksi.
# menunjang kegiatan penjualan
# menjaga tingkat persediaan barang jadi yg sewaktu" diminta oleh konsumen
# mengendalikan kegiatan produksi agar dapat mencipatakan hpp yang serendah"nya

FAKTOR" YG MEMPENGARUHI PENYUSUNAN ANGGARAN PRODUKSI
1. Anggaran penjualan.
2. kapasitas pabrik dan peralatan pabrik yang tersedia termasuk teknologi yang digunakan.
3. tenaga buruh termasuk didalamnya rekruitmen, pelatihan, pengupahan, dll.
4. biaya bahan baku, termasuk didalamnya biaya transportasi dan pergudangan.
5. modal kerja untuk menjalankan proses produksi.


TEKNIK PENYUSUNAN ANGGARAN PRODUKSI

langkah" menentukan anggaran produksi:

1. menetapkan tingkat persediaan yang diinginkan oleh pihak manajemen
2. menetapkan jumlah masing" produksi yg akan diproduksi
3. menyusun jadwal produksi perminggu, bulan, pertriwulan, persemester dan pertahun.

Pendekatan:
1. Stabilitas produksi
2. Stabilitas persedian
3. Kebijakan kombinasi


1. Stabilitas produksi
- metode produksi dmana perusahaan menetapkan volume produksi yg relatif sama dari bulan ke bulan kecuali untuk bulan tertentu yang volume penjualannya tinggi

2. Stabilitas persedian
- dimana perusahaan menetapkan volume persediaan yang relif sama dari bulan ke bulan kecuali untuk bulan tertentu

3. Kebijakan kombinasi/fleksibel
- suatu metode produksi dimana perusahaan menetapkan volume produksi yang berubah-ubah terus dari bulan ke bulan.


CONTOH!!?
Rencana penjualan 1 tahun 2000 unit terbagi dalam 3wulan yaitu penjualan 3wulan 1, 2, 3, dan 4 adalah 515 unit, 500 unit,500 unit, dan 485 unit
persediaan awal 60 unit, persediaan akhir 40 unit.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar