Jumat, 16 Desember 2011

Perilaku biaya



     Perilaku biaya adalah hubungan antara total biaya dengan perubahan volume kegiatan. Berdasarkan perilakunya dalam hubungan dengan perubahan volume  kegiatan, biaya  dapat  dibagi menjadi tiga golongan:

A. Biaya tetap (fixed cost).

   Adalah biaya yang jumlah totalnya tetap dalam  kisar  perubahan   volume kegiatan tertentu. Biaya tetap per satuan berubah dengan   adanya volume kegiatan.

   Commited  fixed cost adalah semua biaya    yang tetap dikeluarkan, yang tidak dapat dikurangi guna mempertahankan kemampuan perusahaan di dalam memenuhi tujuan - tujuan jangka panjangnya. Contoh:Biaya depresiasi, PBB, sewa asuransi,   dan gaji karyawan utama.
   Discretionary fixed cost (managed atau programed cost) adalah:

   1) Biaya yang timbul dari keputusan penyediaan  anggaran secara berkala  yang  secara  langsung  mencerminkan  kebijaksanaan manajemen puncak mengenai jumlah maksimum yang diizinkan dikeluarkan.

   2) Biaya yang tidak dapat menggambarkan  hubungan  yang optimum antara  masukan  dengan  keluaran. Discretionary  fixed cost  tidak ada hubungan tertentu dengan volume kegiatan.     
Contoh: Biaya riset dan pengembangan, biaya promosi penjualan, biaya program latihan karyawan, dan  biaya konsultan.

B. Biaya variabel (variable cost)

   Adalah biaya yang jumlah totalnya  sebanding  dengan  perubahan volume kegiatan.

   Enginered variable costs,  adalah  biaya  yang memiliki hubungan  fisik  tertentu dengan ukuran  kegiatan tertentu.  Hampir  semua   biaya   variabel  merupakan  engineered   variable costs. Contoh : Biaya bahan baku.

   Discretionary variable cost adalah biaya yang masukan dan keluarannya memiliki hubungan erat namun tidak nyata. Jika keluaran   berubah  maka  masukan akan berubah sebanding dengan  perubahan  keluaran  tersebut.  Namun jika masukan berubah, keluaran belum tentu  berubah.  Contoh: Biaya  iklan ditetapkan 2% dari hasil  penjualan   akan  berubah  sebanding  dengan  perubahan  volume   penjualan.

C. Biaya semi variabel

     Adalah biaya yang memiliki elemen  tetap dan variabel. Elemen tetap merupakan jumlah minimum untuk menyediakan jasa,sedangkan elemen variabel merupakan bagian dari biaya semi variabel  yang  dipengaruhi oleh perubahan volume kegiatan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar