Jumat, 09 Desember 2011

MANAJEMEN OPERASI


MANAJEMEN OPERASI, Manajemen operasional bertanggung jawab untuk memproduksi barang dan jasa dalam organisasi. Manajemen operasional adalah studi tentang pengambilan keputusan dalam fungsi operasi. Pada definisi diatas, ada tiga hal yang perlu diperhatikan :  Fungsi, Manajer operasi bertanggung jawab untuk mengelola departemen atau fungsi dalam organisasi yang memproduksi barang dan jasa. Sistem, Mengacu pada sistem transformasi yang memproduksi barang atau jasa. Termasuk didalamnya adalah membuat rancangan dan analisis operasi. Keputusan, Menyatakan pengambilan keputusan sebagai unsur penting dalam manajemen opersional. Ada tiga pengertian yang penting dalam mendukung pelaksanaan kegiatan manajemen operasional, yaitu fungsi manajemen operasional, system manajemen operasional, dan keputusan di dalam manajemen operasional.
Pertama; manajemen operasional yang dapat dinyatakan, bahwa manajer operasionla bertanggung jawab untuk mengelola bagian atau fungsi di dalam organisasi yang menghasilkan barang dan jasa. Kedua; mengenai system yang berkaitan dengan perumusan sistem transformasi yang menghasilkan barang dan jasa.
Ketiga; merupakan unsur terpenting didalam manajemen operasional, yaitu pengambilan keputusan, khususnya keputusan yang tidak terprogran dan berisiko.
Selanjutnya ada empat fungsi penting dalam manajemen operasional, yaitu:

1.        Proses pengolahan, yang menyangkut metode dan teknik yang digunakan untuk pengolahan faktor masukan.
2.        Jasa-jasa penunjang, yang merupakan sarana pengorganisasian yang perlu dijalankan, sehingga proses pengolahan dapat dilaksanakan secara efektif dan efisien.
3.        Perencanaan, yang merupakan penetapan keterkaitan dan pengorganisasian dari kegiatan operasional yang akan dilakukan dalam suatu kurun waktu atau periode tertentu.
4.        Pengendalian dan pengawasan, yang merupakan fungsi untuk menjamin terlaksananya kegiatan sesuai dengan apa yang telah direncanakan, sehingga maksud dan tujuan penggunaan dan pengolahan masukan yang secara nyata dapat dilaksanakan.
Proses pengolahan merupakan rangkaian kegiatan yang dilakukan dengan menggunakan peralatan, sehingga masukan atau input dapat diolah menjadi keluaran atau outputs yang berupa barang atau jasa, yang pada akhirnya dapat dijual kepada pelanggan, untuk memungkinkan organisasi memperoleh hasil keuntungan yang diharapkan.
Manajemen operasi meliputi sejumlah aktivitas. Perubahan bentuk bahan dan sumber daya lain menjadi barang dan jasa merupakan bagian dari manajemen operasi. Tujuan perubahan sumber daya menjadi barang dan jasa ini adalah untuk memberikan utilitas kepada konsumen

Tidak ada komentar:

Posting Komentar