Selasa, 20 Maret 2012

PENELITIAN DAN MANAJER

Mata Kuliah Metodelogi Penelitian Bisnis Semester VI STIE NOBEL INDONESIA

PENELITIAN DAN MANAJER

Pentingnya penelitian bagi seorang amanjer

Pengalaman (experience) yang lazim pada suatu institusi/organisasi menumjukkan bahwa manajer harus menghadapi masalah besar dan masalah kecil tiap harinya serta harus memecahkan masalah tersebut dengan membuat keputusan yang tepat.

Dalam bisnis, terutama penelitian yang dilakukan untuk memecahkan isu-isu problematika yang saling terkait diantara bidang-bidang, seperti bidang akuntansi (accounting), keuangan (finance), manajemen, dan pemasaran.


  • Bidang akuntansi yaitu suatu sistem atau praktek prosedur kendali anggaran yang sering diperiksa (SOP akuntansi)
  • Dalam bidang keuangan (finance) yaitu operasi institusi keuangan, merger, perilaku pasar saham yang semuanya merupakan fokus atau investigasi dalam bidang keuangan
  • Dalambidang manajemen memfokuskan pada studi bagaimana sikap dan perilaku karyawan, manajemen SDM itu sendiri, amanajemen operasi produk (manajemen operasional), formulasi strategi (manajemen strategi), dan sebagainya
  • Dalam bidang pemasaran, fokus penelitian ini meliputi isu-isu yang berkaitan dengan citra produk, iklan, promosi penjualan, distribusi, pengembangan produk baru, dan aspek pemasaran lainnya.

Pengantar Studi Kelayakan bisnis (SKB)

Mata Kuliah SKB Semester VI STIE NOBEL INDONESIA
12 Maret 2012
Oleh: Muh. Hidayat, Se., MM.

Pengertian Studi Kelayakan bisnis (SKB)
"analisa mendalam mengenai kelayakan untuk melakukan investasi apada suatu bisnis yang melibatkan manajemen, investor, dan dunia perbankan" 

Rencana Bisnis (Business Plan)


Mata Kuliah Semester Manajemen Entrepreneurship V  STIE NOBEL INDONESIA

Business plan adalah merupakan suatu dokumen yang menyatakan keyakinan akan kemampuan sebuah bisnis untuk menjual barang atau jasa dengan menghasilkan keuntungan yang memuaskan dan menarik bagi penyandang dana.

Isi dari Business Plan

Minggu, 18 Maret 2012

Pengantar Perilaku Konsumen


Mata Kuliah Semester VI Perilaku Konsumen Prodi Manjemen STIE NOBEL INDONESIA

Pengertian

Perilaku konsumen adalah proses dan aktivitas ketika seseorang berhubungan dengan pencarian, pemilihan, pembelian, penggunaan, serta pengevaluasian produk dan jasa demi memenuhi kebutuhan dan keinginan.  Perilaku konsumen merupakan hal-hal yang mendasari konsumen untuk membuat keputusan pembelian.  Untuk barang berharga jual rendah (low-involvement) proses pengambilan keputusan dilakukan dengan mudah, sedangkan untuk barang berharga jual tinggi (high-involvement) proses pengambilan keputusan dilakukan dengan pertimbangan yang matang.  

Aplikasi

Pemahaman akan perilaku konsumen dapat diaplikasikan dalam beberapa hal, yang pertama adalah untuk merancang sebuah strategi pemasaran yang baik, misalnya menentukan kapan saat yang tepat perusahaan memberikan diskon untuk menarik pembeli. Kedua, perilaku konsumen dapat membantu pembuat keputusan membuat kebijakan publik.  Misalnya dengan mengetahui bahwa konsumen akan banyak menggunakan transportasi saat lebaran, pembuat keputusan dapat merencanakan harga tiket transportasi di hari raya tersebut. Aplikasi ketiga adalah dalam hal pemasaran sosial (social marketing), yaitu penyebaran ide di antara konsumen.  Dengan memahami sikap konsumen dalam menghadapi sesuatu, seseorang dapat menyebarkan ide dengan lebih cepat dan efektif.

Pengantar Manajemen Risiko

Mata kuliah Semester VI Prodi Manjemen STIE NOBEL INDONESIA

Definisi Manajemen Resiko

Menurut Smith, 1990 Manajemen Resiko didefinisikan sebagai proses identifikasi, pengukuran,
dan kontrol keuangan dari sebuah resiko yang mengancam aset dan penghasilan dari sebuah perusahaan atau proyek yang dapat menimbulkan kerusakan atau kerugian pada perusahaan tersebut.
Menurut Clough and Sears, 1994, Manajemen risiko didefinisikansebagai suatu pendekatan yang komprehensif untuk menangani semua kejadian yang menimbulkan kerugian.
Menurut William, et.al.,1995,p.27 Manajemen risiko juga merupakan suatu aplikasi dari manajemen umum yang mencoba untuk mengidentifikasi, mengukur, dan menangani sebab dan akibat dari ketidakpastian pada sebuah organisasi.
Dorfman, 1998, p. 9 Manajemen risiko dikatakan sebagai suatu proses logis dalam usahanya untuk memahami eksposur terhadap suatu kerugian.

Belajar Bersyukur

Karena tidak semua yang kita inginkan bisa kita peroleh,
karena tidak semua yang kita inginkan baik tuk diri kita,
karena tidak semua yang kita inginkan sesuai dengan diri kita,
karena tidak semua yang kita inginkan mudah tuk diperoleh,
karena tidak semua yang kita inginkan membahagiakan diri kita,
karena tidak semua yang kita inginkan membuat kita senang akhirnya,
karena tidak semua yang kita inginkan yang terbaik tuk diri kita.

karena masih banyak diluar sana yang lebih menginginkan posisi kita
karena masih banyak diluar sana yang selalu menundukkan kepalanya, melihat orang yang berada dibawahnya. BUKAN melihat orang-orang yang ada diatasnya.

karena kita harus bersyukur
karena TUHAN menyukai orang-orang yang suka bersyukur

alhamdulilah, tuk hidup yang saya jalani,
alhamdulilah, tuk semua pelajaran hidup yang telah ENGKAU berikan,
alhamdulilah, tuk orang yang datang dan pergi dalam kehidupan ini.

Sabtu, 17 Maret 2012

Cara Mengatasi Troubleshooting PC Lambat


Beberapa saat yang lalu  sempat nyari"  penyebab n penyelesaian Troubleshooting di kompi, ternyata ada banyak hal yang perlu diperhatikan.. ckckckckck..

mulai belajar dan memperhatikan.. Berikut ini artikel mengenai 10 macam troubleshooting yang sering terjadi dan cara mengatasinya,

Para user komputer sering menemukan keluhan yang cukup membosankan, yaitu komputernya menjadi lambat. Terkadang saking stressnya mungkin langsung mengambil solusi untuk menginstall ulang saja, daripada repot mencari permasalahannya, dan itu justru akan memakan waktu lebih banyak. Beberapa hal yang harus diperhatikan untuk menanggapi masalah “komputer yang lambat!”