Sabtu, 17 Desember 2011
Mengenai Google Doodle
Mungkin banyak yang telah mengetahui cara om Google untuk memperingati hari" besar serta keunikan suatu negara, seseorang yg memiliki jasa besar, ataupun peringatan istimewa lainnya, yaitu dengan Doodle atau logo unik yang mewakili peringatan" hari besar, hari istimewa, ataupun seseorang tersebut. Berikut ini penjelasan lebih lengkapnya.
Google Doodle adalah logo-logo Google yang dimodifikasi
sedemikian rupa yang ditampilkan pada saat ada peringatan atau event tertentu
pada setiap negara yang support Google. Sudah sejak cukup lama koleksi google
doodle yang dimiliki Google sendiri mulai diadakan yaitu mulai tahun 1998.
Google Doodle 1998
Inilah Google Doodle yang pertama kali nampil,
Burning Man Festival
Aug 30, 1998
Aug 30, 1998
Location: Global
Tags: Pop Culture, Quirky, Stick Figure
Jumat, 16 Desember 2011
Manajemen - Pengertian dan Teori
A. Pengertian
Kata Manajemen berasal dari bahasa Prancis kuno ménagement, yang memiliki arti seni melaksanakan dan mengatur. Manajemen belum memiliki definisi yang mapan dan diterima secara universal. Mary Parker Follet, misalnya, mendefinisikan manajemen sebagai seni menyelesaikan pekerjaan melalui orang lain. Definisi ini berarti bahwa seorang manajer bertugas mengatur dan mengarahkan
Etika Manager (Bag. 1)
Etika manajerial adalah standar prilaku yang memandu manajer dalam pekerjaan mereka.
Ada tiga kategori klasifikasi menurut Ricky W. Griffin, yaitu:
1. Perilaku terhadap karyawan
Kategori ini meliputi aspek perekrutan, pemecatan, kondisi upah dan kerja, serta ruang pribadi dan penghormatan. Pedoman etis dan hukum mengemukakan bahwa keputusan perekrutan dan pemecatan harus didasarkan hanya pada kemampuan untuk melakukan pekerjaan.
Permintaan dan Penawaran
A. Permintaan
1. Pengertian Permintaan
Permintaan adalah banyaknya jumlah barang yang diminta pada suatu pasar tertentu dengan tingkat hargatertentu pada tingkat pendapatan tertentu dan dalam periode tertentu.
Permintaan dapat dibagi dalam dua bagian besar yaitu permintaan langsung dan permintaan tidak langsung. Permintaan langsung adalah permintaan untuk barang yang dipakai atau dikonsumsi. Permintaan tidak langsung adalah permintaan untuk barang yang digunakan sebagai input dalam proses produksi.
Perilaku biaya
Perilaku biaya adalah hubungan antara total biaya dengan perubahan
volume kegiatan. Berdasarkan perilakunya dalam hubungan dengan perubahan
volume kegiatan, biaya dapat
dibagi menjadi tiga golongan:
A.
Biaya tetap (fixed cost).
Adalah biaya yang jumlah totalnya tetap dalam kisar
perubahan volume kegiatan
tertentu. Biaya tetap per satuan berubah dengan adanya volume kegiatan.
Commited fixed cost adalah semua
biaya yang tetap dikeluarkan, yang
tidak dapat dikurangi guna mempertahankan kemampuan perusahaan di dalam
memenuhi tujuan - tujuan jangka panjangnya. Contoh:Biaya depresiasi, PBB, sewa
asuransi, dan gaji karyawan utama.
Discretionary fixed cost (managed atau programed cost) adalah:
1) Biaya yang timbul dari keputusan penyediaan anggaran secara berkala yang
secara langsung mencerminkan
kebijaksanaan manajemen puncak mengenai jumlah maksimum yang diizinkan
dikeluarkan.
2) Biaya yang tidak dapat menggambarkan
hubungan yang optimum antara masukan
dengan keluaran.
Discretionary fixed cost tidak ada hubungan tertentu dengan volume
kegiatan.
Contoh: Biaya riset dan pengembangan,
biaya promosi penjualan, biaya program latihan karyawan, dan biaya konsultan.
B.
Biaya variabel (variable cost)
Adalah biaya yang jumlah totalnya
sebanding dengan perubahan volume kegiatan.
Enginered variable costs,
adalah biaya yang memiliki hubungan fisik
tertentu dengan ukuran kegiatan
tertentu. Hampir semua
biaya variabel merupakan
engineered variable costs.
Contoh : Biaya bahan baku.
Discretionary variable cost adalah biaya yang masukan dan keluarannya
memiliki hubungan erat namun tidak nyata. Jika keluaran berubah
maka masukan akan berubah
sebanding dengan perubahan keluaran
tersebut. Namun jika masukan
berubah, keluaran belum tentu
berubah. Contoh: Biaya iklan ditetapkan 2% dari hasil penjualan
akan berubah sebanding
dengan perubahan volume
penjualan.
C. Biaya semi variabel
Adalah biaya yang memiliki elemen
tetap dan variabel. Elemen tetap merupakan jumlah minimum untuk
menyediakan jasa,sedangkan elemen variabel merupakan bagian dari biaya semi
variabel yang dipengaruhi oleh perubahan volume kegiatan.
Huruf Hiragana
Hiragana (ひらがな、平仮名) adalah suatu cara penulisan bahasa jepang yang mewakili sebutan sukukata. Pada masa silam, ia juga dikenali sebagai onna de (女手) atau 'tulisan wanita' karena biasa digunakan oleh kaum wanita. Kaum lelaki pada masa itu menulis menggunakan tulisan kanji dan katakana. Berdasarkan sejarah, hiragana mula digunakan secara luas pada abad ke-10 Masehi.
Huruf Hiragana terbentuk dari garis-garis dan coretan-coretan yang melengkung (kyokusenteki). Huruf Hiragana yang digunakan sekarang adalah bentuk huruf yang dipilih dari soogana yang ditetapkan berdasarkan Petunjuk Departemen Pendidikan Jepang tahun 1900.
Sampai sekarang belum ada pendapat yang pasti mengenai pencipta huruf Hiragana. Hal ini dijelaskan oleh Sada Chiaki dalam bukunya Atarashii Kokugogaku bahwa ada pendapat yang menjelaskan pembuat huruf Hiragana adalah Kooboo Daishi. Tetapi pendapat ini tidak beralasan karena huruf Hiragana tidak dapat dibuat oleh satu orang dalam satu kurun tertentu.
Hiragana digunakan untuk menulis kata-kata bahasa Jepang asli atau menggantikan tulisan Kanji, menulis partikel dan kata bantu kata kerja. Untuk tahap awal dalam mempelajari bahasa Jepang, hafalkanlah huruf Hiragana berikut:
Ketentuan Menulis Hiragana
Dalam menulis hiragana, terdapat tiga aturan utama, yakni:
- Pertama-tama, susun huruf untuk membentuk kata yang diinginkan(sudah jelas)
- Konsonan tebal diwakili oleh huruf ‘tsu’ kecilContoh:
- はっきり = (ha)(tsu)(ki)(ri)= hakkiri
- Vokal panjang ditulis dengan menambahkan huruf terkaitContoh:
- おかあさん = (o)(ka)(a)(sa)(n)= okaa-san
Jumat, 09 Desember 2011
Rumus Distribusi Binomial
Rumus Distribusi Binomial
b(x;n,p) = ncxpxqn-x
dimana :
x = 0,1,2,3,.....,n
n = banyaknya ulangan
x = banyaknya kerberhasilan dalam peubah acak x
p = Peluang berhasil dalam setiap ulangan
q = Peluang gagal, dimana q = 1 - p dalam
setiap ulangan
MANAJEMEN OPERASI
MANAJEMEN OPERASI, Manajemen operasional
bertanggung jawab untuk memproduksi barang dan jasa dalam organisasi. Manajemen
operasional adalah studi tentang pengambilan keputusan dalam fungsi operasi. Pada
definisi diatas, ada tiga hal yang perlu diperhatikan : Fungsi, Manajer operasi bertanggung jawab
untuk mengelola departemen atau fungsi dalam organisasi yang memproduksi barang
dan jasa. Sistem, Mengacu pada sistem transformasi yang memproduksi barang atau
jasa. Termasuk didalamnya adalah membuat rancangan dan analisis operasi. Keputusan,
Menyatakan pengambilan keputusan sebagai unsur penting dalam manajemen
opersional. Ada tiga pengertian yang penting dalam mendukung pelaksanaan
kegiatan manajemen operasional, yaitu fungsi manajemen operasional, system
manajemen operasional, dan keputusan di dalam manajemen operasional.
Pertama; manajemen operasional yang
dapat dinyatakan, bahwa manajer operasionla bertanggung jawab untuk mengelola
bagian atau fungsi di dalam organisasi yang menghasilkan barang dan jasa. Kedua;
mengenai system yang berkaitan dengan perumusan sistem transformasi yang
menghasilkan barang dan jasa.
Ketiga; merupakan unsur terpenting didalam manajemen operasional, yaitu pengambilan keputusan, khususnya keputusan yang tidak terprogran dan berisiko.
Selanjutnya ada empat fungsi penting dalam manajemen operasional, yaitu:
Ketiga; merupakan unsur terpenting didalam manajemen operasional, yaitu pengambilan keputusan, khususnya keputusan yang tidak terprogran dan berisiko.
Selanjutnya ada empat fungsi penting dalam manajemen operasional, yaitu:
Rangkuman MSDM
BAB
I
Manajemen
A.
Pentingnya
manajemen
Manajemen merupakan
alat untuk mencapai tujuan yang diinginkan. Manajemen memudahkan terwujudnya
tujuan perusahaan, karyawan, dan masyarakat.
Unsur – unsur
manajemen yaitu : man, money, methode, materials, dan market (6 M).
Manajemen berasal
dari kata to manageyang artinya
mengatur.
1.
Yang
diatur adalah semua unsur manajemen, yakni 6 M.
2.
Tujuannya
diatur adalahagar 6 M lebih berdaya guna dan berhasil guna dalam mewujudkan
tujuannya.
3.
Harus
diatur adalah agar 6 M bermanfaat optimal, terkoordinasi, dan terintegrasi
dengan baik dalam menunjang terwujudnya tujuan organisasi.
4.
Yang
mengatur adalah pimpinan dengan kepemimpinannya, yaitu pemimpin puncak,
manajer, madya dan supervice.
5.
Mengaturnya
adalah dengan melakukan kegiatan urutan - urutan fungsi manajemen tersebut.
1. Definisi
Manajemen
Manajemen
adalah ilmu dan seni mengatur proses pemanfaatan sumber daya manusia
Dan sumber - sumber lainnya secara efektif dan
efisien untuk mencapai suatu tujuan tertentu.
ANGGARAN PRODUKSI
ANGGARAN PRODUKSI
Rencana perusahaan menghasilkan produksi perusahaan yang jumlahnya disesuaikan dengan kebutuhan penjualan dengan tidak lepas dari pertimbangan persediaan awal dan akhir perusahaan periode tertentu.
FUNGSI anggaran penjualan untuk menyusun anggaran produksi, biaya pemasaran,
PASAR PERSAINGAN SEMPURNA
Pasar persaingan sempurna (perfect competition) adalah sebuah jenis pasar dengan jumlah penjual dan pembeli yang sangat banyak dan produk yang dijual bersifat homogen. Harga terbentuk melalui mekanisme pasar dan hasil interaksi antara penawaran dan permintaan sehingga penjual dan pembeli di pasar ini tidak dapat memengaruhi harga dan hanya berperan sebagai penerima harga (price-taker). Barang dan jasa yang dijual di pasar ini bersifat homogen dan tidak dapat dibedakan. Semua produk terlihat identik. Pembeli tidak dapat membedakan apakah suatu barang berasal dari produsen A, produsen B, atau produsen C? Oleh karena itu, promosi dengan iklan tidak akan memberikan pengaruh terhadap penjualan produk.
Analisis SWOT PT. Telkom
Strengths (Kekuatan)
·
Telkom memiliki
kekuatan finansial yang besar.
·
Sepanjang tahun
2008, jumlah pelanggan Perusahaan terus menunjukkan pertumbuhan yang pesat.
·
Pilihan produk
dan cakupan serta beragam jenis layanan yang ditawarkan merupakan keunggulan
strategis yang dimiliki Telkom.
·
Dari sisi
keuangan, Telkom terus menunjukkan arus kas yang kuat dan rasio hutang terhadap
ekuitas yang sehat.
·
Sejumlah
departemen dan instansi Pemerintah (tidak termasuk BUMN) membeli layanan Telkom
sebagai pelanggan langsung, dengan termin yang dinegosiasikan secara komersil.
Weakness (Kelemahan)
·
Jumlah pekerjanya
terlampau besar; sehingga kurang efisien dan boros dalam anggaran untuk gaji
pegawainya.
·
Langkah strategis
merger & akuisisi, investasi & divestasi serta pengelolaan anak
perusahaan mengandung peluang dan risiko yang dapat mempengaruhi performansi
keuangan perusahaan.
·
Kepentingan
Pemegang Saham Pengendali dapat berbeda dengan kepentingan Pemegang Saham
Telkom lainnya.
·
Kebocoran
Pendapatan berpotensi terjadi akibat kelemahan internal dan masalah eksternal
dan jika terjadi dapat menimbulkan kerugian pada hasil usaha Telkom.
MANAJEMEN WAKTU YANG BAIK
MANAJEMEN WAKTU YANG BAIK
Seorang pakar menajemen waktu
tengah berbicara kepada suatu kelas mahasiswa bisnis muda dan ambisius. Untuk
menyampaikan suatu pokok pikiran, dia menggunakan ilustrasi yang tak akan
pernah mereka lupakan. Sambil berdiri di depan kelompok itu, dia berujar,” ok,
waktu untuk kuis”. Dia mengeluarkan sebuah botol bermulut lebar berukuran 1
galon, dan meletakkannya di atas meja didepannya. Lalu dia mengeluarkan
kira-kira 12 batu sebasar kepalan tangan dan dengan hati-hati memasukkannya
sekaligus ke dalam botol.
Ketika botol itu terisi sampai ke
atas dan tidak ada batu lagi yang bisa masuk ke dalamnya, dia bertanya, “apakah
botol ini penuh?” setiap orang dalam kelas itu menjawab “ya”. Kemudian dia
bertanya, “benarkah?” dia mengulurkan tangannya ke bawah meja dan mengeluarkan
seember kerikil ke dalam botol dan mengocok botol itu, menyebabkan
butiran-butiran kerikil bekerja sendiri turun masuk ke dalam sela-sela diantara
batu-batu besar itu.
Langganan:
Postingan (Atom)