Sabtu, 17 Desember 2011

Goofle Doodle 1999

Halloween 1999
Oct 31, 1999
Location: United States

Mengenai Google Doodle


Mungkin banyak yang telah mengetahui cara om Google untuk memperingati hari" besar serta  keunikan suatu negara, seseorang yg memiliki jasa besar, ataupun peringatan istimewa lainnya, yaitu dengan Doodle atau logo unik yang mewakili peringatan" hari besar, hari istimewa, ataupun seseorang tersebut. Berikut ini penjelasan lebih lengkapnya.

Google Doodle adalah logo-logo Google yang dimodifikasi sedemikian rupa yang ditampilkan pada saat ada peringatan atau event tertentu pada setiap negara yang support Google. Sudah sejak cukup lama koleksi google doodle yang dimiliki Google sendiri mulai diadakan yaitu mulai tahun 1998.

Google Doodle 1998



Inilah Google Doodle yang pertama kali nampil,

Burning Man Festival







Aug 30, 1998
Aug 30, 1998
Location: Global

Jumat, 16 Desember 2011

Manajemen - Pengertian dan Teori


A. Pengertian

Kata Manajemen berasal dari bahasa Prancis kuno ménagement, yang memiliki arti seni melaksanakan dan mengatur. Manajemen belum memiliki definisi yang mapan dan diterima secara universal. Mary Parker Follet, misalnya, mendefinisikan manajemen sebagai seni menyelesaikan pekerjaan melalui orang lain. Definisi ini berarti bahwa seorang manajer bertugas mengatur dan mengarahkan

Etika Manager (Bag. 1)


Etika manajerial adalah standar prilaku yang memandu manajer dalam pekerjaan mereka.
Ada tiga kategori klasifikasi menurut Ricky W. Griffin, yaitu:

1. Perilaku terhadap karyawan
Kategori ini meliputi aspek perekrutan, pemecatan, kondisi upah dan kerja, serta ruang pribadi dan penghormatan. Pedoman etis dan hukum mengemukakan bahwa keputusan perekrutan dan pemecatan harus didasarkan hanya pada kemampuan untuk melakukan pekerjaan.

Permintaan dan Penawaran


A.    Permintaan

1.      Pengertian Permintaan

Permintaan adalah banyaknya jumlah barang yang diminta pada suatu pasar tertentu dengan tingkat hargatertentu pada tingkat pendapatan tertentu dan dalam periode tertentu.

Permintaan dapat dibagi dalam dua bagian besar yaitu permintaan langsung dan permintaan tidak langsung. Permintaan langsung adalah permintaan untuk barang yang dipakai atau dikonsumsi. Permintaan tidak langsung adalah permintaan untuk barang yang digunakan sebagai input dalam proses produksi.

Perilaku biaya



     Perilaku biaya adalah hubungan antara total biaya dengan perubahan volume kegiatan. Berdasarkan perilakunya dalam hubungan dengan perubahan volume  kegiatan, biaya  dapat  dibagi menjadi tiga golongan:

A. Biaya tetap (fixed cost).

   Adalah biaya yang jumlah totalnya tetap dalam  kisar  perubahan   volume kegiatan tertentu. Biaya tetap per satuan berubah dengan   adanya volume kegiatan.

   Commited  fixed cost adalah semua biaya    yang tetap dikeluarkan, yang tidak dapat dikurangi guna mempertahankan kemampuan perusahaan di dalam memenuhi tujuan - tujuan jangka panjangnya. Contoh:Biaya depresiasi, PBB, sewa asuransi,   dan gaji karyawan utama.
   Discretionary fixed cost (managed atau programed cost) adalah:

   1) Biaya yang timbul dari keputusan penyediaan  anggaran secara berkala  yang  secara  langsung  mencerminkan  kebijaksanaan manajemen puncak mengenai jumlah maksimum yang diizinkan dikeluarkan.

   2) Biaya yang tidak dapat menggambarkan  hubungan  yang optimum antara  masukan  dengan  keluaran. Discretionary  fixed cost  tidak ada hubungan tertentu dengan volume kegiatan.     
Contoh: Biaya riset dan pengembangan, biaya promosi penjualan, biaya program latihan karyawan, dan  biaya konsultan.

B. Biaya variabel (variable cost)

   Adalah biaya yang jumlah totalnya  sebanding  dengan  perubahan volume kegiatan.

   Enginered variable costs,  adalah  biaya  yang memiliki hubungan  fisik  tertentu dengan ukuran  kegiatan tertentu.  Hampir  semua   biaya   variabel  merupakan  engineered   variable costs. Contoh : Biaya bahan baku.

   Discretionary variable cost adalah biaya yang masukan dan keluarannya memiliki hubungan erat namun tidak nyata. Jika keluaran   berubah  maka  masukan akan berubah sebanding dengan  perubahan  keluaran  tersebut.  Namun jika masukan berubah, keluaran belum tentu  berubah.  Contoh: Biaya  iklan ditetapkan 2% dari hasil  penjualan   akan  berubah  sebanding  dengan  perubahan  volume   penjualan.

C. Biaya semi variabel

     Adalah biaya yang memiliki elemen  tetap dan variabel. Elemen tetap merupakan jumlah minimum untuk menyediakan jasa,sedangkan elemen variabel merupakan bagian dari biaya semi variabel  yang  dipengaruhi oleh perubahan volume kegiatan.

Huruf Hiragana


Hiragana (ひらがな、平仮名) adalah suatu cara penulisan bahasa jepang yang mewakili sebutan sukukata. Pada masa silam, ia juga dikenali sebagai onna de (女手) atau 'tulisan wanita' karena biasa digunakan oleh kaum wanita. Kaum lelaki pada masa itu menulis menggunakan tulisan kanji dan katakana. Berdasarkan sejarah, hiragana mula digunakan secara luas pada abad ke-10 Masehi.
Huruf Hiragana terbentuk dari garis-garis dan coretan-coretan yang melengkung (kyokusenteki). Huruf Hiragana yang digunakan sekarang adalah bentuk huruf  yang dipilih dari soogana yang ditetapkan berdasarkan Petunjuk Departemen Pendidikan Jepang tahun 1900.
Sampai sekarang belum ada pendapat yang pasti mengenai pencipta huruf Hiragana. Hal ini dijelaskan oleh Sada Chiaki dalam bukunya Atarashii Kokugogaku bahwa ada pendapat yang menjelaskan pembuat huruf Hiragana adalah Kooboo Daishi. Tetapi pendapat ini tidak beralasan karena huruf Hiragana tidak dapat dibuat oleh satu orang dalam satu kurun tertentu.
Hiragana digunakan untuk menulis kata-kata bahasa Jepang asli atau menggantikan tulisan Kanji, menulis partikel dan kata bantu kata kerja. Untuk tahap awal dalam mempelajari bahasa Jepang, hafalkanlah huruf Hiragana berikut:

Ketentuan Menulis Hiragana

Dalam menulis hiragana, terdapat tiga aturan utama, yakni:
  1. Pertama-tama, susun huruf untuk membentuk kata yang diinginkan(sudah jelas)
  2. Konsonan tebal diwakili oleh huruf ‘tsu’ kecilContoh:
      はっきり = (ha)(tsu)(ki)(ri)= hakkiri
  3. Vokal panjang ditulis dengan menambahkan huruf terkaitContoh:
      おかさん = (o)(ka)(a)(sa)(n)= okaa-san


Jumat, 09 Desember 2011

Rumus Distribusi Binomial


Rumus Distribusi Binomial
b(x;n,p) = ncxpxqn-x
dimana :
x = 0,1,2,3,.....,n
n = banyaknya ulangan
x = banyaknya kerberhasilan dalam peubah acak x
p = Peluang berhasil dalam setiap ulangan
q = Peluang gagal, dimana q = 1 - p dalam setiap ulangan

MANAJEMEN OPERASI


MANAJEMEN OPERASI, Manajemen operasional bertanggung jawab untuk memproduksi barang dan jasa dalam organisasi. Manajemen operasional adalah studi tentang pengambilan keputusan dalam fungsi operasi. Pada definisi diatas, ada tiga hal yang perlu diperhatikan :  Fungsi, Manajer operasi bertanggung jawab untuk mengelola departemen atau fungsi dalam organisasi yang memproduksi barang dan jasa. Sistem, Mengacu pada sistem transformasi yang memproduksi barang atau jasa. Termasuk didalamnya adalah membuat rancangan dan analisis operasi. Keputusan, Menyatakan pengambilan keputusan sebagai unsur penting dalam manajemen opersional. Ada tiga pengertian yang penting dalam mendukung pelaksanaan kegiatan manajemen operasional, yaitu fungsi manajemen operasional, system manajemen operasional, dan keputusan di dalam manajemen operasional.
Pertama; manajemen operasional yang dapat dinyatakan, bahwa manajer operasionla bertanggung jawab untuk mengelola bagian atau fungsi di dalam organisasi yang menghasilkan barang dan jasa. Kedua; mengenai system yang berkaitan dengan perumusan sistem transformasi yang menghasilkan barang dan jasa.
Ketiga; merupakan unsur terpenting didalam manajemen operasional, yaitu pengambilan keputusan, khususnya keputusan yang tidak terprogran dan berisiko.
Selanjutnya ada empat fungsi penting dalam manajemen operasional, yaitu:

Rangkuman MSDM


BAB I
Manajemen

A.     Pentingnya manajemen
Manajemen merupakan alat untuk mencapai tujuan yang diinginkan. Manajemen memudahkan terwujudnya tujuan perusahaan, karyawan, dan masyarakat.
Unsur – unsur manajemen yaitu : man, money, methode, materials, dan market (6 M).
Manajemen berasal dari kata to manageyang artinya mengatur.
1.      Yang diatur adalah semua unsur manajemen, yakni 6 M.
2.      Tujuannya diatur adalahagar 6 M lebih berdaya guna dan berhasil guna dalam mewujudkan tujuannya.
3.      Harus diatur adalah agar 6 M bermanfaat optimal, terkoordinasi, dan terintegrasi dengan baik dalam menunjang terwujudnya tujuan organisasi.
4.      Yang mengatur adalah pimpinan dengan kepemimpinannya, yaitu pemimpin puncak, manajer, madya dan supervice.
5.      Mengaturnya adalah dengan melakukan kegiatan urutan - urutan fungsi manajemen tersebut.

1.   Definisi Manajemen
Manajemen adalah ilmu dan seni mengatur proses pemanfaatan sumber daya manusia
 Dan sumber - sumber lainnya secara efektif dan efisien untuk mencapai suatu tujuan tertentu.

ANGGARAN PRODUKSI


ANGGARAN PRODUKSI

Rencana perusahaan menghasilkan produksi perusahaan yang jumlahnya disesuaikan dengan kebutuhan penjualan dengan tidak lepas dari pertimbangan persediaan awal dan akhir perusahaan periode tertentu.

FUNGSI anggaran penjualan untuk menyusun anggaran produksi, biaya pemasaran,

PASAR PERSAINGAN SEMPURNA

Pasar persaingan sempurna (perfect competition) adalah sebuah jenis pasar dengan jumlah penjual dan pembeli yang sangat banyak dan produk yang dijual bersifat homogen. Harga terbentuk melalui mekanisme pasar dan hasil interaksi antara penawaran dan permintaan sehingga penjual dan pembeli di pasar ini tidak dapat memengaruhi harga dan hanya berperan sebagai penerima harga (price-taker). Barang dan jasa yang dijual di pasar ini bersifat homogen dan tidak dapat dibedakan. Semua produk terlihat identik. Pembeli tidak dapat membedakan apakah suatu barang berasal dari produsen A, produsen B, atau produsen C? Oleh karena itu, promosi dengan iklan tidak akan memberikan pengaruh terhadap penjualan produk.

Analisis SWOT PT. Telkom



Strengths (Kekuatan)

·         Telkom memiliki kekuatan finansial yang besar.
·         Sepanjang tahun 2008, jumlah pelanggan Perusahaan terus menunjukkan pertumbuhan yang pesat.
·         Pilihan produk dan cakupan serta beragam jenis layanan yang ditawarkan merupakan keunggulan strategis yang dimiliki Telkom.
·         Dari sisi keuangan, Telkom terus menunjukkan arus kas yang kuat dan rasio hutang terhadap ekuitas yang sehat.
·         Sejumlah departemen dan instansi Pemerintah (tidak termasuk BUMN) membeli layanan Telkom sebagai pelanggan langsung, dengan termin yang dinegosiasikan secara komersil.

Weakness (Kelemahan)

·         Jumlah pekerjanya terlampau besar; sehingga kurang efisien dan boros dalam anggaran untuk gaji pegawainya.
·         Langkah strategis merger & akuisisi, investasi & divestasi serta pengelolaan anak perusahaan mengandung peluang dan risiko yang dapat mempengaruhi performansi keuangan perusahaan.
·         Kepentingan Pemegang Saham Pengendali dapat berbeda dengan kepentingan Pemegang Saham Telkom lainnya.
·         Kebocoran Pendapatan berpotensi terjadi akibat kelemahan internal dan masalah eksternal dan jika terjadi dapat menimbulkan kerugian pada hasil usaha Telkom.

MANAJEMEN WAKTU YANG BAIK


MANAJEMEN WAKTU YANG BAIK


Seorang pakar menajemen waktu tengah berbicara kepada suatu kelas mahasiswa bisnis muda dan ambisius. Untuk menyampaikan suatu pokok pikiran, dia menggunakan ilustrasi yang tak akan pernah mereka lupakan. Sambil berdiri di depan kelompok itu, dia berujar,” ok, waktu untuk kuis”. Dia mengeluarkan sebuah botol bermulut lebar berukuran 1 galon, dan meletakkannya di atas meja didepannya. Lalu dia mengeluarkan kira-kira 12 batu sebasar kepalan tangan dan dengan hati-hati memasukkannya sekaligus ke dalam botol.

Ketika botol itu terisi sampai ke atas dan tidak ada batu lagi yang bisa masuk ke dalamnya, dia bertanya, “apakah botol ini penuh?” setiap orang dalam kelas itu menjawab “ya”. Kemudian dia bertanya, “benarkah?” dia mengulurkan tangannya ke bawah meja dan mengeluarkan seember kerikil ke dalam botol dan mengocok botol itu, menyebabkan butiran-butiran kerikil bekerja sendiri turun masuk ke dalam sela-sela diantara batu-batu besar itu.